Source: http://www.rekrutmen-tni.ilmci.com
   
   

Jumat, 10 Mei 2013

PERTEMUAN KESEBELAS: PROMOSI JASA PENDIDIKAN




JAKARTA-RAWAMANGUN
                Senin, 6 Mei 2013 merupakan pertemuan kesebelas perkuliahan manajemen pemasaran. Kuliah diadakan di kelas D307 Daksinapati, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Perkuliahan dimulai tanpa adanya Bapak Amril Muhammad, S.E., M.Pd selaku dosen bersangkutan dikarenakan sedang ada halangan. Presentasi pada hari ini dipaparkan oleh kelompok sembilan, dan dibagi kedalam kelompok-kelompok kecil. Perwakilan dari kelompok 9 saya adalah Saudari Ria Zulviah. Kelompok mereka menjelaskan mengenai “Promosi”.
                Ria mengatakan bahwa promosi adalah, sejenis komunikasi yang diberi penjelasan yang meyakinkan calon konsumen tentang barang dan jasa atau sebuah proses membagi ide, informasi, atau perasaan audiens. Jadi promosi disini adalah bisa disebut sebagai pencitraan terhadap konsumen yang menginginkan suatu barang tersebut.
                Faktor-faktor yang mempengaruhi promosi menurut William J. Stanton:
1.       Jumlah dana yang tersedia
2.       Keadaan pasar
3.       Keadaan produk
4.       Tingkat siklus kehidupan produk

                Selanjutnya adalah tujuan promosi, menurut saudari Ria, tujuan promosi menurut Schoel (1933) adalah untuk menarik perhatian, mengingatkan, mengajak untuk membeli. Selanjutnya terdapat elemen-elemen promosi, menurut Phillip Kotler dan Gary Armstrong (1991) terdapat:
1.       Advertising: Mempromosikan produk dengan iklan melalui media-media, seperti televisi, radio, dll.
2.       Sales Promotion: Melakukan promosi bisa dengan diadakannya diskon di tempat pembelanjaan, untuk menarik perhatian konsumen.
3.       Public Relation: Pencitraan produk, sehingga produk yang kita produksi dan jual dapat memiliki nama baik, sehingga nama perusahaanpun naik dan eksis.
4.       Personal Selling: Mempromosikan produk dengan menggunakan Sales Promotion Girls atau Sales Promotion Boys.

                Perbedaan Iklan dan Promosi
IKLAN
PROMOSI
-          Dilakukan secara tidak langsung
-Dapat dilakukan kapan saja (langsung maupun tidak langsung
-          Dijalankan melalui media tertentu



                Persamaan Iklan dan Promosi adalah merupakan usaha menaikan omzet penjualan.
                Selanjutnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun iklan:
1.       Cara menyusun iklan,
2.       Tempat dan waktu memasang iklan,
3.       Ukuran iklan,
4.       Frekuensi pemasangan iklan.
Pada presentasi terakhir, Saudari Ria memberikan paparan mengenai promosi di jasa pendidikan, diantaranya terdapat:
1.       Publikasi di surat kabar,
2.       Publikasi di radio,
3.       Memasang produk,
4.       Mencetak dan membagikan produk,
5.       Demonstrasi.

                Sekian materi paparan yang disampaikan oleh saudari Ria Zulviah mengenai “Promosi”. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

1 komentar:

  1. Is There A Better Way To Play Baccarat - The Wolverion
    The Best 메리트카지노총판 Baccarat Sites · 1. Bet365 – The worrione UK's #1 Site for online baccarat · 2. MyBookie – Best Site for baccarat bets in New Jersey · 1xbet korean 3. Betway – Best

    BalasHapus