JAKARTA-RAWAMANGUN
Senin,
6 Mei 2013 merupakan pertemuan kesebelas perkuliahan manajemen pemasaran.
Kuliah diadakan di kelas D307 Daksinapati, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Jakarta. Perkuliahan dimulai tanpa adanya Bapak Amril
Muhammad, S.E., M.Pd selaku dosen bersangkutan dikarenakan sedang ada halangan.
Presentasi pada hari ini dipaparkan oleh kelompok sembilan, dan dibagi kedalam
kelompok-kelompok kecil. Perwakilan dari kelompok 9 saya adalah Saudari Ria
Zulviah. Kelompok mereka menjelaskan mengenai “Promosi”.
Ria
mengatakan bahwa promosi adalah, sejenis
komunikasi yang diberi penjelasan yang meyakinkan calon konsumen tentang barang
dan jasa atau sebuah proses membagi ide, informasi, atau perasaan audiens. Jadi
promosi disini adalah bisa disebut sebagai pencitraan terhadap konsumen yang
menginginkan suatu barang tersebut.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi promosi menurut William J. Stanton:
1.
Jumlah dana yang tersedia
2.
Keadaan pasar
3.
Keadaan produk
4.
Tingkat siklus kehidupan produk
Selanjutnya adalah tujuan promosi,
menurut saudari Ria, tujuan promosi menurut Schoel (1933) adalah untuk menarik perhatian, mengingatkan, mengajak
untuk membeli. Selanjutnya terdapat elemen-elemen promosi, menurut Phillip
Kotler dan Gary Armstrong (1991) terdapat:
1.
Advertising: Mempromosikan produk dengan iklan
melalui media-media, seperti televisi, radio, dll.
2.
Sales Promotion: Melakukan promosi bisa dengan
diadakannya diskon di tempat pembelanjaan, untuk menarik perhatian konsumen.
3.
Public Relation: Pencitraan produk, sehingga
produk yang kita produksi dan jual dapat memiliki nama baik, sehingga nama
perusahaanpun naik dan eksis.
4.
Personal Selling: Mempromosikan produk dengan
menggunakan Sales Promotion Girls atau Sales Promotion Boys.
Perbedaan Iklan dan Promosi
IKLAN
|
PROMOSI
|
-
Dilakukan secara tidak langsung
|
-Dapat dilakukan kapan saja (langsung
maupun tidak langsung
|
-
Dijalankan melalui media tertentu
|
|
|
|
Persamaan Iklan dan Promosi
adalah merupakan usaha menaikan omzet penjualan.
Selanjutnya
ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun iklan:
1.
Cara menyusun iklan,
2.
Tempat dan waktu memasang iklan,
3.
Ukuran iklan,
4.
Frekuensi pemasangan iklan.
Pada presentasi terakhir, Saudari Ria memberikan paparan mengenai promosi
di jasa pendidikan, diantaranya terdapat:
1.
Publikasi di surat kabar,
2.
Publikasi di radio,
3.
Memasang produk,
4.
Mencetak dan membagikan produk,
5.
Demonstrasi.
Sekian
materi paparan yang disampaikan oleh saudari Ria Zulviah mengenai “Promosi”.
Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.
Is There A Better Way To Play Baccarat - The Wolverion
BalasHapusThe Best 메리트카지노총판 Baccarat Sites · 1. Bet365 – The worrione UK's #1 Site for online baccarat · 2. MyBookie – Best Site for baccarat bets in New Jersey · 1xbet korean 3. Betway – Best