Senin, 25 Februari 2013
JAKARTA- Hari Senin, 25 Februari 2013 merupakan pertemuan ketiga dalam perkuliahan Manajemen Pemasaran. Bertempat di ruang kelas 307 Daksinapati, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Kelas seperti biasa dimulai pukul 13.00 WIB.
Pada hari ini diadakan presentasi tiap kelompok, dimulai dari kelompok 1 (satu), yang beranggotakan Muhammad Ilham, Andhika Puji Purnomo, dan Elan Suherlan. Mereka menjelaskan mengenai Analisis Pemasaran Lingkungan. Setelah mereka bertiga memberikan presentasi serta mengadakan diskusi tanya jawab, Bapak Amril Muhammad selaku dosen mata kuliah ini memberikan materi seputar Analisis Pemasaran Lingkungan.
Lingkungan pemasaran adalah suatu totalitas dari kekuatan-kekuatan dan keadaan-keadaan yang mempengaruhi pemasaran dari produk tertentu.
Lingkungan pemasaran adalah suatu totalitas dari kekuatan-kekuatan dan keadaan-keadaan yang mempengaruhi pemasaran dari produk tertentu.
Terdapat 6 lingkungan makro:
1. Lingkungan demografi
2. Lingkungan alam
3. Lingkungan teknologi
4. Lingkungan politik
5. Lingkungan ekonomi
6. Lingkungan kebudayaan
Terdapat dua faktor lingkungan, yaitu internal dan eksternal.
Komponen utama lingkungan eksternal dibagi menjadi dua:
MAKRO : Terdiri dari kekuatan yang fundamental, dan dibutuhkan SWOT analisis dalam komponen utama ini.
MIKRO : Terdiri dari empat macam jenis lingkungan:
1. Lingkungan persaingan
1. Lingkungan persaingan
2. Lingkungan pasar/konsumen
3. Lingkungan pemasok/pensuplai
4. Lingkungan penyalur
3. Lingkungan pemasok/pensuplai
4. Lingkungan penyalur
Marketing Information System : Sistem informasi yang menyediakan informasi secara cepat, dan rinci bagi para manajer mengenai keinginan, preferensi (kesukaan), dan perilaku pelanggan.
Sistem pencatatan pemasaran dibagi dua:
- Sistem internal perusahaan:
1. Siklus pesanan sampai dengan pembayaran
2. Sistem informasi penjualan
3. Basis, gudang, dan penggalian data
Sistem pencatatan pemasaran dibagi dua:
- Sistem internal perusahaan:
1. Siklus pesanan sampai dengan pembayaran
2. Sistem informasi penjualan
3. Basis, gudang, dan penggalian data
Sistem intelejensi pemasaran
1. Membuka jaringan secara eksternal
2. Membentuk panel penasihat pelanggan
3. Membeli informasi dari pemasok luar
Menganalisis lingkungan makro:
- Kebutuhan dan trend
- Mengidentifikasi kekuatan besar
Environment Micro :
1. Company itself : - Manufacturing
- Top Manager
- Finance
- Research & Development
- Purchasing
2. Supplier : Menyediakan sumber daya
3. Marketing Intermediate
4. Customer
Environment Macro :
1. Location
2. Gender
3. Age
4. Ras
5. Data-data statistik lain
6. Daya beli / Economic Environment
7. Spend Pattern
8. Natural environment
9. Government intervention
10. Political environment
11. Pressure group
12. Changing Government
Lalu dalam masalah analisis lingkungan pemasaran ini, ada suatu target atau tujuan yang akan dicapai, lalu dengan adanya tujuan tersebut, dibuatlah perencanaan dengan menggunakan 5W + 1H. Dalam perencanaan tersebut akan dijelaskan seperti apa perencanaan yang akan dibuat dalam suatu program nanti.
What: Apa yang akan dilakukan nanti? Apa yang akan dibuat dalam suatu program tersebut? Apa Sumber Daya yang akan dipakai?
Where: Dimana kita akan membuat pasar tersebut? Darimana pemasok atau supplier barang-barang tersebut? Dimana lokasi yang tepat untuk membangun lokasi tempat kegiatan tersebut?
When: Kapan program tersebut akan dilaksanakan? Kapan transaksi pasar tersebut dimulai atau berakhir? Kapan kita bisa mengambil waktu untuk mengambil tindakan atau keputusan yang tepat dan terbaik?
Who: Siapa yang akan menganalisis program pemasaran tersebut? Siapa yang akan membina para tenaga kerja/sumber daya yang ada? Siapa yang mengambil keputusan terkait program baru tersebut?
Why: Rencana program tersebut harus mempermudah atau mempersingkat suatu pekerjaan sehingga tidak menyulitkan ketika dilaksanakan. Rencana pemasaran tersebut harus diteliti dengan cermat agar tepat dan akurat.
How: Bagaimana cara menjalankan program pemasaran tersebut? Bagaimana cara menarik konsumen agar program ini terlaksana dengan tepat dan sukses? Bagaimana manajer menghadapi bawahannya agar pekerjaan para stafnya dapat berjalan dengan baik?
Lalu dalam masalah analisis lingkungan pemasaran ini, ada suatu target atau tujuan yang akan dicapai, lalu dengan adanya tujuan tersebut, dibuatlah perencanaan dengan menggunakan 5W + 1H. Dalam perencanaan tersebut akan dijelaskan seperti apa perencanaan yang akan dibuat dalam suatu program nanti.
What: Apa yang akan dilakukan nanti? Apa yang akan dibuat dalam suatu program tersebut? Apa Sumber Daya yang akan dipakai?
Where: Dimana kita akan membuat pasar tersebut? Darimana pemasok atau supplier barang-barang tersebut? Dimana lokasi yang tepat untuk membangun lokasi tempat kegiatan tersebut?
When: Kapan program tersebut akan dilaksanakan? Kapan transaksi pasar tersebut dimulai atau berakhir? Kapan kita bisa mengambil waktu untuk mengambil tindakan atau keputusan yang tepat dan terbaik?
Who: Siapa yang akan menganalisis program pemasaran tersebut? Siapa yang akan membina para tenaga kerja/sumber daya yang ada? Siapa yang mengambil keputusan terkait program baru tersebut?
Why: Rencana program tersebut harus mempermudah atau mempersingkat suatu pekerjaan sehingga tidak menyulitkan ketika dilaksanakan. Rencana pemasaran tersebut harus diteliti dengan cermat agar tepat dan akurat.
How: Bagaimana cara menjalankan program pemasaran tersebut? Bagaimana cara menarik konsumen agar program ini terlaksana dengan tepat dan sukses? Bagaimana manajer menghadapi bawahannya agar pekerjaan para stafnya dapat berjalan dengan baik?
The online casino site 2021 with the highest payout!
BalasHapusThe best 카지노사이트luckclub online casino site for 2021 with the highest payout! · BONUS BONUS CUSTOMER · CODES TO PLAY · GAMES · LIVES A SPORT