Source: http://www.rekrutmen-tni.ilmci.com
   
   

Jumat, 08 Maret 2013

SEGMENTASI GEOGRAFIS DAN DEMOGRAFIS, SERTA CONTOH DALAM BIDANG PENDIDIKAN (KELOMPOK 5)


JAKARTA-SABTU(09/03/2013)          
Perbedaan segmentasi geografis dan demografis, berikan contoh dalam bidang pendidikan:
               Menurut saya, segmentasi Geografis merupakan pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda, seperti wilayah-wilayah, negara, negara bagian, propinsi, kota, dan kepulauan. Sedangkan segmentasi Demografis adalah dimensi segmentasi yang dilakukan dengan cara mengelompokkan konsumen atas dasar variabel demografis seperti umur, jenis kelamin, pendapatan, ras, agama, dan lain-lain.
                   Selanjutnya contoh segmentasi geografis dalam bidang pendidikan adalah Sekolah Polisi Negara (SPN) yang berada di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Seperti Sekolah Polisi Negara Jakarta, Sekolah Polisi Negara Semarang, Sekolah Polisi Negara Purwekerto, Sekolah Polisi Negara Mojokerto, Sekolah Polisi Negara Kemiling Lampung, Sekolah Polisi Negara Aceh Besar, dan lain-lain. Sekolah Polisi Negara tersebut tersebar di tiap-tiap wilayah di Indonesia, agar bisa membentuk para siswa Tamtama / Brigadir Polisi dan bisa bersekolah di wilayah dimana mereka berdomisili.
            Kemudian contoh segmentasi demografis dalam bidang pendidikan menurut opini saya adalah Sekolah Menengah Atas Stella Duce 1 Yogyakarta dan Sekolah Menengah Atas Kolese De Britto Yogyakarta. Kedua sekolah tersebut mengelompokkan siswanya atas dasar variabel jenis kelamin. SMA Stella Duce 1 merupakan sekolah khusus siswa perempuan, sedangkan Kolese De Britto merupakan sekolah khusus siswa laki-laki. Demikian penjelasan saya mengenai perbedaan segmentasi geografis dan segmentasi demografis beserta contohnya.

2 komentar:

  1. perpaduan tulisan dgn latar tolong disesuaikan. (maaf) tapi perpaduan warnanya buat sakit mata. yg tadinya mau mampir buat baca, jd males.

    BalasHapus