Source: http://www.rekrutmen-tni.ilmci.com
   
   

Jumat, 29 Maret 2013

PERTEMUAN KEENAM PEMASARAN JASA: BAURAN PEMASARAN JASA



Senin, 25 Maret 2013
     JAKARTA- Hari ini merupakan pertemuan keenam perkuliahan manajemen pemasaran jasa pendidikan. Pada pertemuan ini, Bapak Dr. Amril Muhammad, S.E. M.Pd selaku dosen mata kuliah ini, berhalangan hadir. Namun sesuai perintahnya, kuliah tetap diadakan dan dilanjutkan. Presentasi pada hari ini dilakukan oleh kelompok empat. Presentasi dipecah menjadi beberapa kelompok kecil, diwakili tiap peserta. Perkuliahan dilaksanakan di selasar lantai satu, depan kantor jurusan Manajem Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta.

     Aprilia Nita, selaku perwakilan dari kelompok empat, menjelaskan materi Bauran Pemasaran Jasa menurut Kottler adalah, "Bauran pemasaran merupakan sekumpulan alat pemasaran atau marketing mix yang dapat digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya dalam pasar sasaran". Selanjutnya ia menjelaskan bahwa marketing mix terdiri dari 4 (empat) jenis, yaitu product, place, price,  dan promotion. Yang dimana 4P tersebut adalah merupakan konsep bauran pemasaran tradisional. Sedangkan konsep modernnya adalah people, process, dan physical evidence (Bitner).

     Lalu pembauran pemasaran jasa ini harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi pasar tersebut, yang dikenal dengan bersifat dinamis

     Ia menjelaskan bahwa Produk adalah sekumpulan nilai produk yang kompleks, dan nilai itu ditetapkan oleh pembeli berdasarkan manfaat yang mereka terima. 

     Sedangkan Price itu kritis, karena menentukan besar kecilnya profit. Dalam hal ini dibagi menjadi tiga:
     1. Penetapan harga berdasarkan biaya
     2. Penetapan harga berdasarkan saingan/pesaing
     3. Penetapan harga berdasarkan pemintaan konsumen

     Place menurut saudari Aprilia Nita, adalah tempat terjadinya produse/perusahaan dengan konsumen. Ada delapan faktor yang menentukan profit perusahaan, yaitu:
     1. Akses = Mudah digunakan/dijangkau
     2. Visibilitas = Dapat dilihat/tidak dari sisi jalan
     3. Traffic = Menentukan konsumen
     4. Tempat parkir yang luas
     5. Ekspansi = Tempat perpindahan yang cukup
     6. Lingkungan
     7. Persiangan = Lokasi pesaing
     8. Peraturan Pemerintah

    Promosi menurut saudari April, menentukan keberhasilannya program pemasaran. Sedangkan tujuan dari promosi ini sendiri adalah untuk menginformasikan, mempengaruhi, membujuk konsumen tentang apa yang dipasarkan. Terdapat beberapa bagian dari hal promosi ini.
     1. Personal Selling = Face to Face/langsung
     2. Mass Selling = Periklanan/publisitas
     3. Promosi/penjualan = Bentuk persuasi langsung
     4. Humas = Memanfaatkan untuk mendekatkan masyarakat
     5. Direct Marketing = Sistem pemasaran yang bersifat interaktif dan memanfaatkan media
     6. Word of mouth = Lebih menekankan pengalaman.

     People, menurut saudari April, adalah sekumpulan pegawai di perusahaan tersebut. Seluruh perilaku produsen diperhatikan konsumen.

     Sedangkan Physical Evidence adalah sarana fisik, atau lingkungan fisik, dapat berupa logo, dan bangunan.

     Terakhir ada Process, menurut dia, definisinya adalah semua prosedur awak, mekanisme, dan aliran aktivitas yang digunakan untuk menyampaikan jasa.

     Itulah materi Pembauran Jasa yang disampaikan oleh saudari Aprilia Nita dari kelompok lima dalam presentasinya kemarin Senin (25/03). Dengan kata lain, pembauran ini adalah percampuran antara konsep-konsep tradisional dan modern dalam mencapai tujuan dalam pasar sasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar