Source: http://www.rekrutmen-tni.ilmci.com
   
   

Minggu, 28 April 2013

PERTEMUAN KESEMBILAN: DISTRIBUSI, FRANCHISE, DAN MULTI LEVEL MARKETING (MLM)




JAKARTA – RAWAMANGUN
                Pada hari Senin, 22 April 2013, diadakan pertemuan kesembilan perkuliahan Manajemen Pemasaran, di ruang D 305 Daksinapati, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Kelas dimulai pukul 13.30 WIB, dan langsung dipimpin oleh Bapak Amril Muhammad, S.E., M.Pd. selaku dosen bersangkutan. Pada perkuliahan ini diadakan presentasi kelompok tujuh, yang beranggotakan Yolla Fitriani, Leni Indriani, dan Risky Nuria Pardede. Kelompok mereka mempresentasikan materi dengan tema, “Distribusi, Franchise, dan Multi Level Marketing (MLM)”.
                Pokok bahasan pertama yaitu Distribusi, apa distribusi itu? Distribusi adalah suatu kegiatan memindahkan barang atau penyaluran barang atau jasa dari produsen kepada konsumen sewaktu  dan dimana barang atau jasa tersebut diperlukan. Didalam distribusi ini terdapat saluran distribusi. Definisi dari saluran distribusi ini adalah sekelompok lembaga yang berada diantara beberapa lembaga yang mengadakan kerjasama dalam mencapai suatu kesepakatan atau tujuan yang diinginkan.
                Beberapa jenis tipe distribusi diantaranya adalah Saluran distribusi langsung, adalah pendistribusian barang dan jasa langsung kepada lokasi atau tempat konsumen, pendistribusian ini bersifat door to door. Selanjutnya ada Saluran distribusi tidak langsung, adalah pendistribusian barang dan jasa dengan menggunakan perantara, seperti menggunakan agen-agen, pedagang-pedagang besar atau kecil. Tujuan dari saluran distribusi ini adalah agar pemasaran lebih fokus untuk mencapai pasar-pasar tertentu, coverage (produk), kepada konsumen (pelanggan), dan prestise (gengsi).
                Selain pendistribusian, dalam materi ini dikenalkan istilah Franchising. Apakah franchising itu? Franchising adalah waralaba, suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan, dimana pemilik merek atau yang biasa disebut franchisor memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merk, nama, sistem, dan prosedur dan cara-cara tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu.
                Franchise ini memiliki karakteristik tersendiri, antara lain adalah pewaralaba memiliki trade name, trade/service mark, hak patent, trade secret, dan know-how. Selain itu pewaralaba diijinkan menggunakan hak-hak yang bersangkutan. Kemudian dalam pengoperasian usaha waralaba itu, dibawah pengawasan dan pengarahan waralaba utamanya, dan terakhir terwaralaba harus membayar royalty dan fee kepada pemilik waralaba tersebut.
                Materi terakhir yaitu Multi Level Marketing atau yang biasa disingkat MLM, MLM adalah suatu cara atau metode yang dirancang suatu perusahaan, dalam menawarkan suatu produk tertentu kepada konsumen, agar menciptakan hubungan timbal balik yang saling menguntungkan, yang dilaksanakan secara langsung kepada konsumen dengan pekerja distributor lepas. Terdapat beberapa ciri-ciri MLM, diantaranya adalah uang pendaftaran yang tergolong murah dan terjangkau, lalu ada pelatihan yang benar, perusahaannya jelas, dan memiliki bussines plan. Selain itu MLM ini sendiri memiliki bonus berlevel (passive income) dan dipengaruhi oleh motivasi. Selain itu pendistribusian MLM ini dilengkapi oleh sebuah katalog yang berisi daftar-daftar barang yang dijual oleh perusahaan itu.
                Demikian reportase pertemuan kesembilan perkuliahan Manajemen Pemasaran, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar