JAKARTA – RAWAMANGUN
Pada
hari Senin, 22 April 2013, diadakan pertemuan kesembilan perkuliahan Manajemen
Pemasaran, di ruang D 305 Daksinapati, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas
Negeri Jakarta. Kelas dimulai pukul 13.30 WIB, dan langsung dipimpin oleh Bapak
Amril Muhammad, S.E., M.Pd. selaku dosen bersangkutan. Pada perkuliahan ini
diadakan presentasi kelompok tujuh, yang beranggotakan Yolla Fitriani, Leni
Indriani, dan Risky Nuria Pardede. Kelompok mereka mempresentasikan materi
dengan tema, “Distribusi, Franchise, dan Multi Level Marketing (MLM)”.
Pokok
bahasan pertama yaitu Distribusi,
apa distribusi itu? Distribusi adalah suatu kegiatan memindahkan barang atau
penyaluran barang atau jasa dari produsen kepada konsumen sewaktu dan dimana barang atau jasa tersebut
diperlukan. Didalam distribusi ini terdapat saluran distribusi. Definisi dari
saluran distribusi ini adalah sekelompok lembaga yang berada diantara beberapa
lembaga yang mengadakan kerjasama dalam mencapai suatu kesepakatan atau tujuan
yang diinginkan.
Beberapa
jenis tipe distribusi diantaranya adalah Saluran
distribusi langsung, adalah pendistribusian barang dan jasa langsung kepada
lokasi atau tempat konsumen, pendistribusian ini bersifat door to door. Selanjutnya ada Saluran
distribusi tidak langsung, adalah pendistribusian barang dan jasa dengan
menggunakan perantara, seperti menggunakan agen-agen, pedagang-pedagang besar
atau kecil. Tujuan dari saluran distribusi ini adalah agar pemasaran lebih
fokus untuk mencapai pasar-pasar tertentu, coverage
(produk), kepada konsumen (pelanggan), dan prestise (gengsi).
Selain
pendistribusian, dalam materi ini dikenalkan istilah Franchising. Apakah franchising itu? Franchising adalah waralaba,
suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan, dimana pemilik
merek atau yang biasa disebut franchisor
memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan
merk, nama, sistem, dan prosedur dan cara-cara tertentu yang telah ditetapkan
sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu.
Franchise
ini memiliki karakteristik tersendiri, antara lain adalah pewaralaba memiliki
trade name, trade/service mark, hak patent, trade secret, dan know-how. Selain
itu pewaralaba diijinkan menggunakan hak-hak yang bersangkutan. Kemudian dalam
pengoperasian usaha waralaba itu, dibawah pengawasan dan pengarahan waralaba
utamanya, dan terakhir terwaralaba harus membayar royalty dan fee kepada
pemilik waralaba tersebut.
Materi
terakhir yaitu Multi Level Marketing atau yang biasa disingkat MLM, MLM adalah
suatu cara atau metode yang dirancang suatu perusahaan, dalam menawarkan suatu
produk tertentu kepada konsumen, agar menciptakan hubungan timbal balik yang
saling menguntungkan, yang dilaksanakan secara langsung kepada konsumen dengan
pekerja distributor lepas. Terdapat beberapa ciri-ciri MLM, diantaranya adalah
uang pendaftaran yang tergolong murah dan terjangkau, lalu ada pelatihan yang
benar, perusahaannya jelas, dan memiliki bussines
plan. Selain itu MLM ini sendiri memiliki bonus berlevel (passive income) dan dipengaruhi oleh
motivasi. Selain itu pendistribusian MLM ini dilengkapi oleh sebuah katalog
yang berisi daftar-daftar barang yang dijual oleh perusahaan itu.
Demikian
reportase pertemuan kesembilan perkuliahan Manajemen Pemasaran, semoga
bermanfaat. Terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar