Source: http://www.rekrutmen-tni.ilmci.com
   
   

Minggu, 14 April 2013

TUGAS PENGEMBANGAN PRODUK JASA

     
     Dalam tugas kali ini saya akan mengembangkan produk jasa pendidikan yang telah saya rencanakan pada tugas sebelumnya yaitu bisnis pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bergerak di bidang konsultan SDM yang bernama Artha Educations Consultant. Konsultan ini membantu para kliennya dalam mengurusi hal sistem manajemen SDM, penilaian performa perusahaan, perekrutan personil perusahaan, serta training mengenai motivasi-motivasi yang dapat membuat para karyawannya lebih bersemangat dalam belajar.
     Ide awal saya ingin membuat konsultan SDM ini adalah ketika saya mendatangi salah satu konsultan psikologi milik teman kakak saya yang berada di bilangan Jakarta Selatan. Saya melihat bagaimana cara kerja para karyawan konsultan ini menghadapi para kliennya yang sedang mengalami masalah mengenai psikologinya mereka, lalu terlintaslah saya untuk membuat konsultan SDM berbasis manajemen, dan bukan psikologi. Karena menurut saya konsultan SDM di bidang manajemen ini masih sangat penting dibanding konsultan psikologi yang sudah ada.
     Nama konsultan ini diambil dari nama saya sendiri, Artha, dan Educations yang berarti edukasi atau pendidikan, bisa meliputi manajemen, planning, psikologi, dan lain-lain. Lokasi konsultan Artha Educations Consultant ini berada di bilangan Sudirman, Jakarta Selatan. Mengapa saya memilih lokasi kantor konsultan di daerah ini? Karena di daerah ini terdapat banyak gedung-gedung perkantoran, baik itu perusahaan swasta ataupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sehingga diharapkan dapat mengundang banyak klien yang membutuhkan bantuan kepada kita, tidak perlu jauh-jauh mencari konsultan yang berada diluar jangkauan kantornya.
     Pengembangan yang ingin saya lakukan dalam perusahaan ini adalah penambahan program kerja yang dapat diterapkan kepada klien-kliennya, dari kurikulum yang terus menerus diperbaharui, hingga isi materi yang lebih berbobot dan berkualitas kedepannya. Dalam soal biaya, berbeda tiap paketnya, dan dapat dinegosiasi sebelumnya, sehingga kedua pihak mendapatkan harga yang sesuai dan menguntungkan. Contohnya seperti perekrutan dan seleksi personil/karyawan baru, dikenakan biaya sebesar Rp. 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah)/orang, dan itu pun masih dapat kurang bila memakai dalam jumlah besar. Bila ingin mengadakan in-house training, dikenakan biaya sebesar Rp 15.000.000,00 (lima belas juta rupiah_ per acara, dan paket acara dapat dipilih sesuai keinginan kliennya.
     Mengenai karyawan konsultan saya sendiri, para karyawan sudah dibekali kemampuan dan kompetensi khusus dalam memberikan ilmu dan materi yang disampaikan kepada para kliennya. Berpendidikan minimal S-2, baik negeri ataupun luar negeri, fasih berbahasa indonesia ataupun inggris, sehingga dapat memperlancar proses konsultasi tersebut. Perekrutannya pun diadakan secara detil dan cermat, agar mendapatkan karyawan yang terbaik dan berkompeten di bidangnya. Tiap bulan diadakan evaluasi kepada seluruh karyawan agar dapat mengetahui perkembangan produksi konsultan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar